Komputika

3 Pertolongan Pertama Mendinginkan Laptop yang Overheat

, Author

 

tekno-haber.net – Sedang asik bermain game atau mengerjakan tugas grafis, tiba-tiba laptop mati dan kamu tidak sempat menyelamatkan game atau pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Setelah dicek ternyata laptopnya panas atau overheated.

Pengalaman seperti ini memang jadi kejadian yang sangat menyebalkan, terasa begitu menyakitkan meski tidak berdarah. Sebetulnya, hal semacam ini bisa dicegah kalau kita tahu apa yang menyebabkan laptop panas, indikator laptop overheated, dan cara menanggulanginya.

Untuk penyebab laptop panas sebetulnya sederhana, kalau bukan karena suhu ruangan yang panas, laptop akan overheat jika dipakai terlalu lama atau untuk task yang berat seperti bermain game atau grafis (desain, edit foto/video, dll). Indikatornya sendiri biasanya kinerja laptop mulai melambat, kipas mulai terdengar bising, dan bagian mesin terasa panas.

Baca juga : Ternyata Ini Fitur-Fitur Baru yang Terdapat di Android Oreo 8.1

Lalu, apa cara terbaik untuk mendinginkan laptop overheat? Nah, berikut ini adalah 3 cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendinginkan laptop kamu yang overheated.

  1. Pasang Kipas Tambahan

Sekarang ini banyak toko-toko asesoris elektronik yang menjual tray laptop dengan kipas tambahan. Sedikitnya alat ini akan membantu pekerjaan fan laptop untuk mendinginkan mesin. Selain itu, alat ini juga bisa menambah sirkulasi udara di mesin laptop. Tapi, sirkulasi udara yang bagus juga artinya akan banyak debu masuk ke mesin laptop. Jadi, jangan malas untuk bersih-bersih, ya.

  1. Cek Pengaturan

Pastikan laptop kamu memang mampu untuk meng-handle tugas grafis yang berat. Ini termasuk untuk kalian para gamers dan penggila film. Intinya adalah bagaimana caranya laptop kamu tidak bekerja terlalu berat. Jadi, jika kamu ingin bermain game lebih lama, mungkin kamu harus mengorbankan kualitas grafis.

  1. Monitor Temperatur

Pasang aplikasi yang bisa memonitor temperatur mesin laptop agar kamu tahu kondisi laptop kamu secara berkala. Jika laptop sudah terlalu panas, jangan dipaksakan. Mungkin memang sudah waktunya istirahat, toh kamu juga bisa santai sejenak sambil menikmati secangkir kopi atau ngobrol bersama kawan.

Itu tadi cara mudah untuk mengatasi laptop yang overheated. Selamat mencoba!