Gadget, Internet, Komputika, Otomotif, Serba-serbi

Inspirasi Ruangan Keluarga yang Simple dan Nyaman

, Author

Ruang keluarga adalah salah satu area di dalam rumah yang patut mendapatkan perhatian tersendiri. Faktanya, penataan ruang keluarga yang memenuhi kriteria dan kenyamanan setiap orang di dalam rumah tersebut memberikan dampak yang besar.

Mulai dari rasa hommy bagi setiap penghuni rumah. Hingga produktifitas dan kesehatan yang tiap-tiap anggota keluarga akan terjaga.

Terlebih untuk keluarga besar yang tentu akan sering berinteraksi antara satu dengan lainnya di ruang keluarga untuk melakukan berbagai kegiatan seperti nonton TV, ngobrol dan berhandai-handai dengan anggota keluarga yang lain, desain ruang keluarga yang nyaman bisa dipastikan akan bisa menjalin keakraban.

Meski punya fungsi tata ruang yang cukup vital. Kadang tata letak ruang keluarga sering terabaikan. Temukan inspirasi tata ruang keluarga yang simple dan nyaman pada artikel kali ini.

Furniture dan Partisi adalah Kunci Kenyamanan 

Menata bagian dalam rumah kadang susah-susah gampang. Termasuk juga ruang keluarga. Ada beberapa elemen kunci yang mesti diperhatikan agar sebuah ruang tersebut tetap nyaman dalam konsep sederhana.

  1. Warna dan Pilihan Furniture, Harus Sesuai dan Multifungsi

Bagian dinding lebih sering didesain dengan warna yang monoton. Implikasinya tentu lebih pada efisiensi belanja cat di awal pembangunan.

Ini sebenarnya sah-sah saja. Kita tak perlu memaksakan untuk mengganti cat terutama untuk ruang keluarga demi memperoleh kesan tertentu.

Cukup perhatikan kesesuaian antara furniture yang diletakkan di dalam sebuah ruang tersebut, serta aksen-akses di bagian dinding yang akan terpasang. Konsep ruang keluarga sederhana tak melulu berbicara tentang meminimalkan jumlah furniture. Melainkan juga kesesuaian fungsi dengan luas ruangan.

  • Partisi atau Pemisah Ruangan Yang Fleksibel

Beberapa orang sudah menyiapkan ruang keluarga dengan partisi atau pemisah ruangan yang fleksibel seperti misalnya rak buku atau sketsel yang dipasang permenan.

Menggunakan partisi ruangan yang tidak solid, akan memberikan kesan fleksibilitas selain itu juga mendukung fungsi sirkulasi dan pencahayaan ruangan yang nyaman.

  • Tetap Pertimbangkan Elemen Lain

Beberapa orang berharap memiliki ruang keluarga dengan gaya tertentu. Ini sah-sah saja.

Tapi tetap ingat bahwa kenyamanan dimulai dari fungsi. Jangan paksakan sebuah gaya tertentu pada tata ruang hunian bila memang elemen pendukung lain tidak memungkinkan.

Sebagai contoh, sah-sah saja bila ingin mendapatkan kesan rustic atau memasang sebuah minibar di ruang keluarga. Namun perhatikan elemen lainnya, jangan sampai melampau fungsi sehingga kehilangan standar kenyamanan yang harusnya tetap utama.

  • Pencahayaan Sempurna dan Pengaturan Hiasan

Hiasan ataupun ornamen menjadi bagian pelengkap yang menambah keindahan ruangan. Terlebih ruang keluarga memang tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga sehingga tak jarang ada banyak benda yang ingin dipajang di tiap sudut ruangan.

Sementara itu, kadang luas ruangan tidaklah memadai. Sehingga perlu disortir memang benda-benda atau ornamen apa saja yang memang pantas dipajang dan mana yang lebih baik disimpan atau diletakkan ditempat lain.

Selain itu, pencahayaan yang cukup dan sempurna menjadi awal dari kenyamanan sebuah ruangan. Beberapa desainer interior kelas dunia malahan menata ruang keluarga hanya dengan beberapa furnitur sekedar mendukung fungsi saja.

Tujuannya juga memberikan pencahayaan yang cukup utamanya saat siang sehingga tak perlu menghidupkan lampu.

  • Peletakkan Cermin dan Konsep Tabrak Warna

Ada ruang keluarga yang memang kurang dari segi luasnya, sehingga perlu disiasati agar tetap nyaman dan tampak lega. Trend peletakkan cermin di beberapa sudut ruang menjadi salah satu cara menyiasati luas ruangan.

Selain itu, konsep tabrak warna furniture pelengkap serta ornamen lainnya juga menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin mendapatkan kesan ruang keluarga yang casual dan apa adanya.

Konsep tabrak warna ini sangat pas bagi keluarga muda karena berkesan dinamis serta memberikan ruang cukup bagi kreatifitas si empunya rumah untuk beraktualisasi melalui warna perabot dan ornamen pendukung baik yang ada di dinding bahkan hingga pada sarung bantal sofa.

Apapun konsep yang hendak diterapkan pada ruang keluarga hunian kesayangan yang utama adalah mendukung fungsi kenyamanan penghuni. Hindari berlebihan dalam banyak hal terutama peletakkan elemen pendukung fungsi ruang seperti furniture, hiasan dinding dan partisi serta pernak-pernik lainnya.

Tujuannya tentu saja agar ruangan tetap terasa lapang dan sirkulasi udara tetap terjaga lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *