Gadget, Internet, Komputika, Otomotif, Serba-serbi

Teknologi Canggih Ini Bantu Pekerjaan di Masa Depan

, Author

Perkembangan teknologi adalah suatu hal yang tak bisa dielakkan. Hadirnya teknologi tentunya lebih banyak memberikan manfaat yang memudahkan kehidupan manusia. Seiring kebutuhan manusia, teknologi pun terus berevolusi.

Hal yang kita nikmati saat ini, adalah teknologi jaman dahulu yang membutuhkan riset mendalam. Lalu, bagaimana dengan teknologi masa kini, akankah semakin canggih di masa depan? Tentu saja.

Teknologi Masa Depan Untuk Mempermudah Pekerjaan

Film-film Hollywood banyak menyematkan unsur teknologi canggih masa depan. Banyak dari film-film tersebut yang dirasa sangat mustahil. Tidak dengan teknologi maju di bawah ini, yang pastinya akan membantu pekerjaan, dan lebih realistis.

  1. Transportasi

Teknologi transportasi kian hari kian maju. Mungkin di Indonesia belum banyak terasa. Tetapi, di luar negeri, teknologi canggih dari sektor transportasi sudah semakin menjamur. Salah satunya adalah Maglev Super Train.

Konsepnya adalah kereta super cepat, guna mencapai tujuan dalam waktu yang jauh lebih singkat – seperti Shinkansen, misalnya. Nah, jika kereta cepat masa kini bisa melaju sekitar 300 – 400 km/jam, maka Super Maglev jauh lebih superior. Ia dikembangkan untuk bisa bertahan di kecepatan 2.896 km/jam. Wow!

Sementara untuk transportasi pribadi, tentunya teknologi canggih dari sektor kendaraan otonom adalah sebuah hal yang pasti terjadi di masa depan. Para produsen otomotif saat ini tengah berlomba menghadirkan mobil atau kendaraan yang bisa berjalan secara otomatis.

Saat ini saja, sebetulnya mobil-mobil modern sudah mengaplikasikan teknologi mobil otonom. Misalnya, teknologi Brake Assist, di mana komputer bisa memerintahkan kendaraan untuk mengurangi kecepatan secara mandiri. Kemudian teknologi self parking system, dan masih banyak lagi. Itu sebabnya, kendaraan otonom bukanlah hal mustahil.

Di masa depan, bahkan diprediksi tak akan ada lagi lampu lalu lintas. Sebab, setiap kendaraan akan dibekali kecerdasan buatan supaya bisa berkomunikasi satu sama lain. Contohnya di persimpangan, kendaraan yang satu akan mengirimkan sinyal kepada kendaraan lain agar tidak berebut untuk melintas.

  • Rumah Tangga

Sejak tahun 60-an, kartun imajinatif sudah memprediksi bahwa robot akan menjadi pengganti asisten rumah tangga. Dan itu bisa dipastikan benar. Sekarang saja sudah ada robot penyedot debu yang bisa bekerja sendiri tanpa diperintah.

Untuk urusan dapur, nanti akan hadir sebuah teknologi yang dinamakan Hello Egg. Teknologi ini lebih menyerupai asisten di dapur. Karena ia berfungsi untuk mengendalikan aktivitas Anda selama di dapur. Ia juga bisa memberikan masukkan untuk masakan harian agar memenuhi kebutuhan gizi.

Di masa depan, toilet juga tidak membutuhkan saluran air. Jadi, tak akan ada lagi solokan, got, ataupun kali. Sebab, toilet di masa depan tidak mengalirkan limbah. Melainkan mengolah kembali limbah tersebut untuk bisa dijadikan bahan bakar rumah tangga, seperti gas misalnya.

Baca juga : Aplikasi Android untuk Bantu Gaya Hidup Sehat

  • Dunia Kedokteran

Dunia medis juga tak lepas dari pengembangan teknologi. Tentunya untuk menghasilkan obat bagi berbagai penyakit. Untuk kanker misalnya, para peneliti mengklaim sudah semakin maju dalam penelitian mereka menciptakan penawar kanker.

Pada dasarnya, mereka menggunakan sel kanker lain untuk memerangi sel kanker yang menggerogoti tubuh penderitanya. Jika kanker saja bisa disembuhkan, bukan tak mungkin penyakit ganas lain, seperti HIV/AIDS, juga akan ditemukan obatnya.

Untuk masalah kelanjutan generasi, dunia medis masa depan juga akan memiliki sebuah teknologi yang bisa memprediksi kelahiran bayi. Dengan metode tertentu, pasangan suami istri akan diambil sampel genetik mereka, berupa darah. Kemudian, bisa dilakukan penentuan jenis kelamin yang diinginkan.

Sampel darah tersebut juga bisa memprediksi akankah bayi lahir normal atau prematur. Hal ini berdasarkan DNA dan RNA yang ada di dalam sel darah. Sistem komputer dapat menguraikan potensi prematur yang akan terjadi nantinya, berdasarkan silsilah orang tuanya.

  • Kecerdasan buatan

Pernah menonton film Her atau tokoh Baymax?? Keduanya mungkin fiktif, tetapi tidak dengan teknologinya. Kedua film itu menyelipkan unsur kecerdasan buatan. Baymax misalnya, ia ditanamkan microchip untuk bisa menjadi robot perawat. Pada akhirnya, ia bisa berubah menjadi apa-pun, tergantung chip yang ditanamkan.

Sementara Her, menceritakan tentang hubungan seorang pria dengan sosok imajiner. Teknologi masa depan memungkinkan seseorang memiliki teman imajinasi yang memiliki kecerdasan seperti halnya manusia. Mungkin sederhananya seperti Siri besutan Apple.

Bahkan, kecerdasan buatan juga menyasar sektor ilmiah. Teknologi yang maju memungkinkan komputer melakukan analisa dan simulasi tentang berbagai skenario. Bahan dasarnya adalah data yang diinput. Komputer dapat melakukan riset secara mandiri, hanya berbekal data saja.

Wah, melihat prediksi teknologi masa depan yang begitu maju, rasanya masa depan nanti bisa menjadi dunia yang lebih baik bagi manusia. Mungkin, selama teknologi itu sendiri tidak lebih manusiawi daripada manusia yang menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *